Kamis, 21 Februari 2013

Soal dan Jawaban Tentang Ms Access

1. apa kepanjangan dari DML ?
    a.Data Manipulation Language
    b.Definisi Maipulaton Language
    c.Data Menegement System
    d.Definisi Menegement data

2. MS Acces terdiri dari berbagai arsitekstur berikut kecuali
    a. table       
    b. query
    c. form       
    d. columm
     
3. Yang merupakan fungsi dari Query adalah
    a. Untuk membuat table
    b. untuk menampilkan laporan-laporan
    c. untuk menampilkan data dari Master sesuai dengan kriteria tertentu
    d. berisisi function-function

4. contoh dari DDL adalah
    a. file  
    b. copy
    c. create  
    d. paste

5. Yang termasuk dalam konsep data adalah
    a. marcros  
    b. table
    c. field  
    d. form

6. Dalam Ms Acces yang berisi function-function untuk mengotomatisasi perintah
   yang sering digunakan adalah
    a. modules  
    b. marcros
    c. table   
   d. query

7. Sebutkan 2 contoh bahasa basis data
    a. DDL & DDD   
    b. DDL & DLM
    c. DDL & DML   
    d. DLD & DLM

8. Di Ms Acces yang berfungsi menampilkan laporan dari data master untuk di cetak adalah
    a. pages  
    b. report
    c. form       
    d. table

9. Contoh Tipe data adalah
    a.Memo     
    b.doc
    c.table   
    d.data

10. Salah satu Notasi simbolik dalam diagram E-R adalah persegi berfungsi
    a. himpunan entitas   
    b. relasi
    c. atribut            
    d. link
sumber : http://ariefwicaksonaabdullah.blogspot.com/2012/06/contoh-soal-ms-acces.html

1 komentar:

Soal dan Jawaban Tentang Mengidentifikasi dan Mengoperasikan Komputer Personal (Stand Alone)

1. Perangkat yang berfungsi memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran adalah....
   a. Perangkat Masukan (Input Devices)
   b. Perangkat keras
   c. Perangkat lunak
   d. perangkat hardware
   e. perangkat software

2.  Mouse terdiri dari beberapa jenis, kecuali....
   a. Dual button
   b. Three button
   c. Scroll Button
   d. Two button
   e. a dan b benar

3. Tombol Close dalam pengoperasian komputer berfungsi untuk....
   a. mengubah laman
   b. menutup dan mengakhiri suatu aplikasi
   c. menghapus gambar
   d. memilih

4. Tombol Close dalam pengoperasian komputer berfungsi untuk....
   a. menutup dan mengakhiri suatu aplikasi
   b. menambah
   c. menghapus
   d. memperoleh data

5. komputer yang difungsikan sebagai "pelayan" pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur    pengiriman dan penerimaan data diantara komputer‐komputer yang tersambung adalah pengertian dari....
  a. komputer
  b. flashdisk
  c. submenu
  d. server

6. Hidden berfungsi untuk....
   a. membaca folder
   b. menghapus folder
   c. menyembunyikan folder
   d. memindah folder

7. Folder berfungsi untuk
   a. menyimpan file-file atau dokumen agar tidak bingung ketika mencari
   b. memudahkan dalam penghapusan gambar
   c. memindahkan file
   d. membuat dokumen file

8. Jajaran perintah berupa menu yang terletak dibawah baris judul disebut....
   a. address box
   b. menu bar
   c. tool bar
   d. menu box

9. Tombol Alt + F4 digunakan untuk....
   a. memunculkan start menu
   b. mengaktifkan My Computer atau Windows Explorer
   c. m,engaktifkan modus pencaharian data
   d. menutup aplikasi dan shutdown komputer

10. Tombol Alt + Tab digunakan untuk....
   a.  memunculkan start menu
   b. mengaktifkan My Computer atau Windows Explorer
   c. m,engaktifkan modus pencaharian data
   d. berpindah jendela yang lain

sumber : http://dyahwidiastrini.blogspot.com/2013/02/soal-mengidentifikasi-dan.html

0 komentar:

Soal dan Jawaban Tentang Typing Master

1. Tombol pada keyboard yang berfungsi untuk membatalkan perintah adalah ….
    A  Backspace
    B  Delete
    C  Enter
    D  Esc
    E  Shift
2. Yang dimaksud dengan keyboard adalah….
    A  Alat untuk melihat hasil ketikan
    B  Papan tombol ketik
    C  Alat untuk mencetak
    D  Program grafik
    E  Input, Simpan, Print
3. Fungsi tombol page down adalah….
    A  Menggerakkan kursor kekanan
    B  Menggerakkan kursor kekiri
    C  Menggerakkan kursor kebawah
    D  Menggerakkan kursor keatas
    E  Menggerakkan kursor keliling
4. Dalam pengetikan menggunakan 10 jari tombol E, D, C adalah menggunakan jari….
    A  Telunjuk kanan
    B  Jari kelingking kanan
    C  Jari tengah kiri
    D  Jari manis kiri
    E  Jari Kelingking Kiri
5. Pilih dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
    A.   Keyboard Serial
    B.   Keyboard Paralel
    C.   Keyboard PS/2
    D.   Keyboard Wireless
    E    Keyboard USB
6. Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, kecuali:
    A.   Typing keys
    B.   Numeric keypad
    C.   Function keys
    D.   Control keys
    E.   Mouse keys
 
 7. Untuk mengaktifkan submenu Print, tombol keyboard yang kita gunakan adalah….
    A   Ctrl+P
    B   Alt+ P
    C   Ctrl+Q
    D   Alt+V
    E   Ctrl+V

8. Jumlah tombol keseluruhan pada keyboard adalah...
    A. 52 tombol
    B. 104 tombol
    C. 19 tombol
    D. 10 tombol
    E. 60 tombol

9. Fungsi tombol pada keyboard yang biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang kan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan adalah...
    A.  F1
    B.  F2
    C.  F4
    D.  F7
    E.  F3

10. Membuat dokumen baru pada program Ms. Word dapat menggunakan perintah shortcut, yaitu…
   A.  Ctrl + N
   B.  Ctrl + O
   C.  Ctrl + S
   D.  Ctrl + P
   E.  Ctrl + X
 
sumber : http://rezhaschiffer.blogspot.com/2013/02/soal-jawab-latihan-mengetik-10-jari.html

0 komentar:

Soal dan Jawaban Tentang Mengoperasikan Periferal

1. Di bawah ini, yang termasuk periferal input adalah….
a. mouse
b. printer
c. monitor
d. speaker
e. LCD projector

2. Port PS/2 digunakan untuk periferal....
a. Speaker
b. Monitor
c. Mouse
d. LCD Proyektor
e. Printer

3. Periferal output yang menghasilkan hasil cetakan....
a. Speaker
b. Monitor
c. Mouse
d. LCD Proyektor
e. Printer

4. Gambar disamping ini adalah konektor....

a. USB
b. DB-9
c. HDD-15
d. PS-2
e. Rj-45

5. Gambar port disamping ini adalah untuk konektor....

a. USB
b. DB-9
c. HDD-15
d. PS-2
e. Rj-45

6. Langkah proses kerja laser untuk memanasi toner yang diletakkan pada kertas agar melekat dengan kuat adalah....
a. cleaning
b. conditioning
c. developing
d. fusing

7. Dibawah ini contoh periferal utama, kecuali....
a. monitor
b. keyboard
c. mouse
d. printer 

8. Secara umum jenis printer dibagi menjadi tiga, kecuali....
a. printer Dot Matrix
b. printer Jet
c. printer Inkjet
d. printer Laser

9. Scanner yang pemakaiannya menggunakantangan untuk menscan objek dan banyak digunakan oleh supermarket untuk menscan harga barang atau barcode adalah....
a. Hand-held Scanner
b. Plat Bed Scanner,
c. Automatic Scanner
d. Hand Made Scanner


10. Scanner yang penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang akan discan diantara lensa dan cover. dan scanner ini banyak di pakai di kantor adalah....
a. Hand-held Scanner
b. Plat Bed Scanner,
c. Automatic Scanner
d. Hand Made Scanner

sumber : http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2334757-contoh-soal-test-ujian-tulis/

0 komentar:

Kamis, 14 Februari 2013

Soal Mengoperasikan Software Pengolah Kata (Word)

1.  Dibawah ini, yang merupakan software adalah…..
a. Microsoft Word           c. Keyboard
b. Mouse                           d. CPU

2.  Cara mengatur kertas dalam MS Word adalah…….
a. File-Page-setup c. Format-Page-Setup
b. Edit-Page-setup           d. Insert-Page-Setup

3.  Untuk menyimpan data dengan membuat dokumen baru, kita memilih opsi……
a. File-Save As                 c. File-Save As
b. Edit-Copy                      d. Edit-Paste

4.   Shortcut yang tepat agar tulisan yang kita buat rata kiri-kanan adalah…..
a. CTRL + z
b. CTRL + S
C. CTRL + L
d. CTRL + j

5.   Word adalah software yang di produksi  oleh…..
a. Macintosh
b. Microsoft
c. Linux
d. Firefox

6.   cara cepat masuk ke menu page setup adalah….
a. Shift + PS
b. Alt + F4
c. Alt+FU
d. Alt+F5

7.   Jika kita ingin member tanda titik/angka di depan suatu kalimat, menunya adalah…..
a. Format – Paragraph
b. Insert- number
c. Insert-bullets- and numbering
d. Format-bullets and numbering

8. CTRL +D digunakan untuk shortcut…..
a. paragraph
b. Font
c. Scroll Down
d. Drawing

9. Program yang sama dengan word adalah…..
a. chiwriter
b. Lotus 123
c. Quattro Pro
d. Mac

10. Cara membuat sebuah tabel dengan garis tebal adalah…..
a. Format-Font-Table
b. Format-Border
c. Format-Fill
d. Format-Allignment

sumber : http://wijayalabs.wordpress.com/2010/11/07/soal-latihan-microsoft-word/

0 komentar:

Soal Mengoperasikan Software Spreadsheet (Excel/Calc)


1. Suatu daerah pada worksheet yang berbentuk segi empat dan merupakan tempat kumpulan beberapa sel disebut ….
a. sheet
b. column
c. range
d. pointer
e. gridline

2. Tombol manajemen berkas dokumen pada Microsof Office Excel berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya disebut .…
a. Excel Options
b. Office Button
c. Ribbon
d. Tilte Bar
e. Toolbar

3. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan ….
a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+V
e. Ctrl+S

4. Berikut ini yang merupakan alamat sel, yaitu .…
a. 84
b. 3F
c. B5
d. BB
e. F0

5. Ikon “save”, “redo”, dan “undo” merupakan bagian menu dari ….
a. Ribbon
b. Office Button
c. Status Bar
d. Quick Access Toolbar
e. Titlebar

6. Untuk mengubah satuan ukuran di dalam Excel, digunakan perintah ….
a. Start–Setting–Control Panel–Regional–Currency
b. Tools–Options–Print
c. Office Button–Open
d. Office Button–Excel Options–Save–Default File Location
e. Office Button–Excel Options–Advanced–Display–Ruler Units

7. Ikon “Undo” berfungsi ….
a. mencetak dokumen
b. menyimpan dokumen
c. membuka file
d. memotong bagian dari dokumen
e. membatalkan pengerjaan

8. Ctrl+P adalah shortcut key untuk memunculkan kotak dialog ….
a. Page setup
b. Customize
c. Heater
d. Format cells
e. Print

9. Fungsi dalam Excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai ….
a. SUM
b. AVERAGE
c. MAX
d. MIN
e. IF

10. Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah ….
a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. Move or copy
e. Paste


sumber : http://www.nyariinfo.com/2012/05/download-gratis-kumpulan-soal-excel.html

0 komentar:

Soal Mengoperasikan Software Presentasi (Power Point)

1. Fungsi dari Microsoft Powerpoint adalah….
a. Program pengolah kata
b. Program basis data
c. Sistem operasi
d. Program presentasi

2. Langkah pertama membuat file baru presentasi adalah….
a. Klik new file
b. Klik open file
c. Klik save as
d. Klik print preview

3. Untuk Menampilkan atau menjalankan file presentasi adalah….
a. Klik slide show view show
b. Klik slide show set up show
c. Klik save as
d. Klik print preview

4. Cara cepat Menampilkan atau menjalankan file presentasi adalah….
a. F2
b. F3
c. F4
d. F5

5. Perintah Untuk Menyimpan File adalah….
a. File close
b. File open
c. File save
d. File delete

6. Icon pada toolbar untuk membatalkan perintah adalah….
a. cut
b. paste
c. undo
d. redo

7. Perintah menambah slide baru….
a. insert new slide
b. file new
c.  file open
d. insert slide number

8. Menyimpan file presentasi pada program power point menggunakan ekstensi....
a. doc
b. xls
c. ppt
d. htm

9. Yang tidak terdapat pada menu file adalah....
a. Save
b. Open
c. Copy
d. Save As

10. Untuk memberi latar belakang pada slide menggunakan....
a. Format >background
b. Format > slide lay out
c. Format > change case
d. Insert > background

sumber :  http://dyahwidiastrini.blogspot.com/

0 komentar:

Jumat, 18 Januari 2013

Arsitektur

Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Ruang lingkup dan keinginan

Menurut Vitruvius di dalam bukunya De Architectura (yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih ada hingga sekarang), bangunan yang baik haruslah memilik Keindahan / Estetika (Venustas), Kekuatan (Firmitas), dan Kegunaan / Fungsi (Utilitas); arsitektur dapat dikatakan sebagai keseimbangan dan koordinasi antara ketiga unsur tersebut, dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi modern, arsitektur harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Namun, dapat dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup baik unsur estetika maupun psikologis.
Arsitektur adalah holak, termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya. Mengutip Vitruvius, "Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni". Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Filsafat adalah salah satu yang utama di dalam pendekatan arsitektur. Rasionalisme, empirisisme, fenomenologi strukturalisme, post-strukturalisme, dan dekonstruktivisme adalah beberapa arahan dari filsafat yang memengaruhi arsitektur.

Teori dan praktik

Pentingnya teori untuk menjadi rujukan praktik tidak boleh terlalu ditekankan, meskipun banyak arsitek mengabaikan teori sama sekali. Vitruvius berujar: "praktikdan teori adalah akar arsitektur. Praktik adalah perenungan yang berkelanjutan terhadap pelaksanaan sebuah proyek atau pengerjaannya dengan tangan, dalam proses konversi bahan bangunan dengan cara yang terbaik. Teori adalah hasil pemikiran beralasan yang menjelaskan proses konversi bahan bangunan menjadi hasil akhir sebagai jawaban terhadap suatu persoalan. Seorang arsitek yang berpraktik tanpa dasar teori tidak dapat menjelaskan alasan dan dasar mengenai bentuk-bentuk yang dia pilih. Sementara arsitek yang berteori tanpa berpraktik hanya berpegang kepada "bayangan" dan bukannya substansi. Seorang arsitek yang berpegang pada teori dan praktik, ia memiliki senjata ganda. Ia dapat membuktikan kebenaran hasil rancangannya dan juga dapat mewujudkannya dalam pelaksanaan". Ini semua tidak lepas dari konsep pemikiran dasar bahwa kekuatan utama pada setiap Arsitek secara ideal terletak dalam kekuatan idea.

Sejarah

Arsitektur lahir dari dinamika antara kebutuhan (kebutuhan kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan, dsb), dan cara (bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi). Arsitektur prasejarah dan primitif merupakan tahap awal dinamika ini. Kemudian manusia menjadi lebih maju dan pengetahuan mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktik-praktik, arsitektur berkembang menjadi ketrampilan. Pada tahap ini lah terdapat proses uji coba, improvisasi, atau peniruan sehingga menjadi hasil yang sukses. Seorang arsitek saat itu bukanlah seorang figur penting, ia semata-mata melanjutkan tradisi. Arsitektur Vernakular lahir dari pendekatan yang demikian dan hingga kini masih dilakukan di banyak bagian dunia.
Permukiman manusia di masa lalu pada dasarnya bersifat rural. Kemudian timbullah surplus produksi, sehingga masyarakat rural berkembang menjadi masyarakat urban. Kompleksitas bangunan dan tipologinya pun meningkat. Teknologi pembangunan fasilitas umum seperti jalan dan jembatan pun berkembang. Tipologi bangunan baru seperti sekolah, rumah sakit, dan sarana rekreasi pun bermunculan. Arsitektur Religius tetap menjadi bagian penting di dalam masyarakat. Gaya-gaya arsitektur berkembang, dan karya tulis mengenai arsitektur mulai bermunculan. Karya-karya tulis tersebut menjadi kumpulan aturan (kanon) untuk diikuti khususnya dalam pembangunan arsitektur religius. Contoh kanon ini antara lain adalah karya-karya tulis oleh Vitruvius, atau Vaastu Shastra dari India purba. Di periode Klasik dan Abad Pertengahan Eropa, bangunan bukanlah hasil karya arsitek-arsitek individual, tetapi asosiasi profesi (guild) dibentuk oleh para artisan / ahli keterampilan bangunan untuk mengorganisasi proyek.
Pada masa Pencerahan, humaniora dan penekanan terhadap individual menjadi lebih penting daripada agama, dan menjadi awal yang baru dalam arsitektur. Pembangunan ditugaskan kepada arsitek-arsitek individual - Michaelangelo, Brunelleschi, Leonardo da Vinci - dan kultus individu pun dimulai. Namun pada saat itu, tidak ada pembagian tugas yang jelas antara seniman, arsitek, maupun insinyur atau bidang-bidang kerja lain yang berhubungan. Pada tahap ini, seorang seniman pun dapat merancang jembatan karena penghitungan struktur di dalamnya masih bersifat umum.
Bersamaan dengan penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu (misalnya engineering), dan munculnya bahan-bahan bangunan baru serta teknologi, seorang arsitek menggeser fokusnya dari aspek teknis bangunan menuju ke estetika. Kemudian bermunculanlah "arsitek priyayi" yang biasanya berurusan dengan bouwheer (klien)kaya dan berkonsentrasi pada unsur visual dalam bentuk yang merujuk pada contoh-contoh historis. Pada abad ke-19, Ecole des Beaux Arts di Prancis melatih calon-calon arsitek menciptakan sketsa-sketsa dan gambar cantik tanpa menekankan konteksnya.
Sementara itu, Revolusi Industri membuka pintu untuk konsumsi umum, sehingga estetika menjadi ukuran yang dapat dicapai bahkan oleh kelas menengah. Dulunya produk-produk berornamen estetis terbatas dalam lingkup keterampilan yang mahal, menjadi terjangkau melalui produksi massal. Produk-produk sedemikian tidaklah memiliki keindahan dan kejujuran dalam ekspresi dari sebuah proses produksi.
Ketidakpuasan terhadap situasi sedemikian pada awal abad ke-20 melahirkan pemikiran-pemikiran yang mendasari Arsitektur Modern, antara lain, Deutscher Werkbund (dibentuk 1907) yang memproduksi obyek-obyek buatan mesin dengan kualitas yang lebih baik merupakan titik lahirnya profesi dalam bidang desain industri. Setelah itu, sekolah Bauhaus (dibentuk di Jerman tahun 1919) menolak masa lalu sejarah dan memilih melihat arsitektur sebagai sintesa seni, ketrampilan, dan teknologi.
Ketika Arsitektur Modern mulai dipraktikkan, ia adalah sebuah pergerakan garda depan dengan dasar moral, filosofis, dan estetis. Kebenaran dicari dengan menolak sejarah dan menoleh kepada fungsi yang melahirkan bentuk. Arsitek lantas menjadi figur penting dan dijuluki sebagai "master". Kemudian arsitektur modern masuk ke dalam lingkup produksi masal karena kesederhanaannya dan faktor ekonomi.
Namun, masyarakat umum merasakan adanya penurunan mutu dalam arsitektur modern pada tahun 1960-an, antara lain karena kekurangan makna, kemandulan, keburukan, keseragaman, serta dampak-dampak psikologisnya. Sebagian arsitek menjawabnya melalui Arsitektur Post-Modern dengan usaha membentuk arsitektur yang lebih dapat diterima umum pada tingkat visual, meski dengan mengorbankan kedalamannya. Robert Venturi berpendapat bahwa "gubuk berhias / decorated shed" (bangunan biasa yang interior-nya dirancang secara fungsional sementara eksterior-nya diberi hiasan) adalah lebih baik daripada sebuah "bebek / duck" (bangunan di mana baik bentuk dan fungsinya menjadi satu). Pendapat Venturi ini menjadi dasar pendekatan Arsitektur Post-Modern.
Sebagian arsitek lain (dan juga non-arsitek) menjawab dengan menunjukkan apa yang mereka pikir sebagai akar masalahnya. Mereka merasa bahwa arsitektur bukanlah perburuan filosofis atau estetis pribadi oleh perorangan, melainkan arsitektur haruslah mempertimbangkan kebutuhan manusia sehari-hari dan menggunakan teknologi untuk mencapai lingkungan yang dapat ditempati. Design Methodology Movement yang melibatkan orang-orang seperti Chris Jones atau Christopher Alexander mulai mencari proses yang lebih inklusif dalam perancangan, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Peneilitian mendalam dalam berbagai bidang seperti perilaku, lingkungan, dan humaniora dilakukan untuk menjadi dasar proses perancangan.
Bersamaan dengan meningkatnya kompleksitas bangunan,arsitektur menjadi lebih multi-disiplin daripada sebelumnya. Arsitektur sekarang ini membutuhkan sekumpulan profesional dalam pengerjaannya. Inilah keadaan profesi arsitek sekarang ini. Namun demikian, arsitek individu masih disukai dan dicari dalam perancangan bangunan yang bermakna simbol budaya. Contohnya, sebuah museum senirupa menjadi lahan eksperimentasi gaya dekonstruktivis sekarang ini, namun esok hari mungkin sesuatu yang lain.

Kesimpulan

bangunan adalah produksi manusia yang paling kasat mata. Namun, kebanyakan bangunan masih dirancang oleh masyarakat sendiri atau tukang-tukang batu di negara-negara berkembang, atau melalui standar produksi di negara-negara maju. Arsitek tetaplah tersisih dalam produksi bangunan. Keahlian arsitek hanya dicari dalam pembangunan tipe bangunan yang rumit, atau bangunan yang memiliki makna budaya / politis yang penting. Dan inilah yang diterima oleh masyarakat umum sebagai arsitektur. Peran arsitek, meski senantiasa berubah, tidak pernah menjadi yang utama dan tidak pernah berdiri sendiri. Selalu akan ada dialog antara masyarakat dengan sang arsitek. Dan hasilnya adalah sebuah dialog yang dapat dijuluki sebagai arsitektur, sebagai sebuah produk dan sebuah disiplin ilmu.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur

0 komentar:

Perhitungan RAB


Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Rumah


Dalam suatu proyek Pembangunan Rumah atau Tempat Tinggal, pemilik bangunan umumnya menghendaki pengeluaran biaya yang sehemat mungkin, tetapi dapat memperoleh rumah tinggal dengan kualitas tinggi dan sesuai yang di harapkan. Biaya atau dana berperan sangat penting dalam suatu proyek pembangunan rumah.
Dengan penyusunan perhitungan suatu rancangan bangunan biasanya dilakukan 2 (dua) tahapan yaitu :
  • Estimasi Biaya Kasar,yaitu penaksiran biaya secara global dan menyeluruh yang dilakukan sebelum rancangan bangunan dibuat.
  • Perhitungan Anggaran Biaya, yaitu penghitungan biaya secara detail dan terinci disesuaikan dengan perencanaan yang ada.
Tahapan Estimasi Biaya
Penaksiran anggaran biaya yang dilakukan adalah melakukan proses perhitungan volume bangunan yang akan dibuat, harga  satuan standar dari tipe bangunan dan kualitas finishing bangunan yang akan dikerjakan.
Karena taksiran dibuat sebelum dimulainya rancangan bangunan, maka jumlah biaya yang diperoleh adalah taksiran kasar biaya bukan biaya sebenarnya atau actual, sebagai contoh:
  • Jenis bangunan dengan standar bangunan kelas A, maka harga satuan standarnya adalah @ Rp 1.500.000,-/m2, Luas bangunan 100 m2, maka asumsi biaya yang dibuat adalah : luas bangunan dikalikan dengan harga satuan standar, yaitu: 100 x @Rp 1.500.000,-/m2 = Rp 150.000.000,-
Tahapan Perhitungan Anggaran Biaya
Perhitungan anggaran terperinci dilakukan dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan, agar nilai bangunan dapat dipertanggung jawabkan  secara benar dan optimal. Cara penghitungan yang benar adalah dengan menyusun semua komponen pekerjaan mulai dari tahapan awal pembangunan (Pekerjaan persiapan) sampai dengan tahapan penyelesaian pekerjaan (Pekerjaan Finishing), contoh:
  • Pekerjaan Persiapan terdiri dari: pembersihan lahan, cut and fill, pagar pengaman, mobilisasi dan demobilisasi.
  • Pekerjaan Sipil, terdiri dari pondasi, sloof, kolom, dinding dan rangka penutup atap.
  • Pekerjaan finishing, terdiri dari lantai, dinding, plafond dan penutup atap.
  • Pekerjaan Instalasi Mekanikal, Elektrikan dan Plumbing, terdiri dari jaringan listrik, telepon, tata suara, tata udara, air bersih dan air kotor.
  • Pekerjan luar/halaman, terdiri dari perkerasan jalan, jalan setapak, pagar halaman dan taman.
Cara penghitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) setiap item pekerjaan tersebut di atas biasanya dibuat berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan, misalnya :
  1. Komponen beton, cara penghitungannya dilakukan dengan membuat perhitungan volume secara satuan isi (m3), dikalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material per m3 @ Rp m3)
  2. Komponen material lantai, dinding dan plafond dilakukan dengan menghitung luasan area yang ada (m2) dikalikan dengan harga satuan per m2 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan bahan per m2 ( @ Rp/m2)
  3. Komponen material pekerjaan finishing seperti tali air, talang air, jaringan pipa dan pengkabelan dilakukan dengan menghitung panjang bahan yang dipakai (m1) dikalikan dengan harga satuan material perm1 (@ Rp/m1)
  4. Komponen material besar seperti daun pintu, jendela dan peralatan dilakukan dengan menghitung jumlah material yang dipakai (unit) dikalikan dengan harga satuan material per-unitnya (@ Rp/unit), bisa juga dengan perhitungan volume secara detail, yaitu : kusen (m3), daun pintu (m2), kaca (m2), daun jendela (m2), material lainnya (bh). termasuk finishing.
  5. Komponen material yang sulit dihitung tetapi harus dikerjaan dilakukan dengan menentukan status lumpsum (ls), artinya untuk pekerjaan itu nilai besaran ditentukan berdasarkan cakupan pekerjaan harus dikerjakan sesuai dengan yang dikekendaki oleh perancang, biasanya komponen ini tidak ada harga satuannya tetapi langsung menyebutkan nilai total dari komponen pekerjaan tersebut
  6. Usahakanlah untuk menghitung secara detail karena akan lebih akurat dan cenderung hemat.
Penghitungan  Recana Anggaran Biaya pada umumnya dibuat berdasarkan 5 hal pokok, yaitu:
  1. Taksiran biaya bahan-bahan, Harga bahan-bahan yang dipakai biasanya harga bahan-bahan di tempat pekerjaan, jadi sudah termasuk biaya transportasi atau angkutan, biaya bongkar muat.
  2. Taksiran biaya pekerja. Biaya pekerja sangat dipengaruhi oleh: panjangnya jam kerja, keadaan tempat pekerjaan, ketrampilan dan keahlian pekerja yang bersangkutan terutama dalam hal upah pekerja.
  3. Taksiran biaya peralatan, Biaya peralatan yang diperlukan untuk suatu jenis konstruksi haruslah termasuk didalamnya biaya pembuatan bangunan-bangunan sementara (bedeng), mesin-mesin, dan alat-alat tangan.
  4. Taksiran biaya tak terduga atau overhead cost, Biaya tak terduga biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu: biaya tak terduga umum dan biaya tak terduga proyek.
  5. Taksiran Keuntungan atau Profit, Biaya keuntungan untuk pemborong atau kontraktor dinyatakan dengan prosentase dari jumlah biaya total yang berkisar antara 8-15%.  
sumber : http://www.gudangart.com/2011/03/perhitungan-rencana-anggaran-biaya-rab.html

0 komentar:

Pengurusan IMB

Pengurusan IMB - Izin Mendirikan Bangunan

Dalam pengurusan IMB ( Izin Mendirikan Bangunan ) merupakan syarat mutlak dalam mendirikan sebuah bangunan Wajah hunian yang nampak serasi dengan membangun tanpa gangguan, dan tercapainya pembangunan yang ramah lingkungan merupakan dambaan semua orang nah dengan IMB ( Izin Mendirikan Bangunan ) adalah salah satu syarat yang membantu terciptanya kondisi tersebut untuk itu mari kita simak syarat dan tata cara pengurusan IMB.

Mekanisme Persiapan Dalam Pengurusan IMB
Untuk mengajukan dan mengurus IMB sangat diperlukan berupa dokumen-dokumen pendukung sebagai prasyarat kelengkapan yang nantinya akan diperiksa kesesuaiannya oleh petugas yang bersangkutan. Adapun dokumen-dokumen tersebut antara lain :
  • Permohonan Ijin IMB
  • Photo Copy KTP / SIM
  • Surat Rekomendasi
  • NPWP
  • Akte Notaris
  • Gambar Rencana Bangunan / Konstruksi
  • Ijin Pendaftaran
  • Tanda Bukti Kepemilikan Tanah
  • Photo Copy Ijin Lokasi
  • Rekomendasi dari masing-masing dinas terkait.
Secara prinsip, bila dokumen diatas lengkap setelah 5-7 hari kemudian akan diterbitkan IP. Dengan IP kita sudah bisa mulai membangun sambil menunggu IMB yang keluar 20-30 hari kemudian. Selama pembangunan petugas daerah akan melakukan control berkala dan evaluasi di lapangan. IMB memiliki masa berlaku 1 tahun. Apabila dalam 1 tahun pembanguna belum selesai, maka harus mengajukan permohonan perpanjangan IMB. Bila tahun berikutnya masih belum selesai, maka harus mengajukan permohonan pembuatan IMB baru.
Setelah bangunan selesai, masih ada surat yang diperlukan yaitu IPB (Ijin Penggunaan Bangunan). IPB memiliki masa berlaku 10 tahun untuk rumah tinggal dan 5 tahun untuk bangunan non hunian. Bila masa IPB habis, maka pemilik harus mengajukan PKMB (Permohonan Kelayakan Menggunakan Bangunan). Dalam proses tersebut petugas akan memriksa kelayakan bangunan tersebut, terutama dari segi struktur dan konstruksinya.
Contoh Formulir Isian IMB :

Skema Pengurusan IMB :

Sumber : http://www.gudangart.com/2012/01/syarat-dan-tata-cara-pengurusan-imb.html
 

0 komentar: